Dandim 1002/HST Perintahkan Anggota Siaga Antisipasi Banjir



Barabai-Kembali air Sungai Barabai mengalami kenaikan, ini terjadi karena curah hujan tinggi dari malam hingga pagi hari hampir di seluruh wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalimantan Selatan.Senin (07/02).

Guna mengantisipasi bencana banjir, Dandim 1002/HST Letkol Kav Gagang Prawardhana langsung memerintahkan para Babinsa memantau dan melaporkan perkembangan situasi air yang ada di Sungai Barabai.

Dilaporkan oleh Babinsa Koramil 1002-07/Batu Benawa Serrda Tajuudin untuk  Desa Haluan Besar ,  Desa Bhakti dan Desa Paya Besar  hingga pukul 08.15 wita pagi, ketinggian  air antara 40-50 centimeter dan  mulai naik mengenangi halaman warga masyarakat khususnya yang tinggal dekat atau bantaran sungai Barabai,”terangnya.

Sedangkan Plh. Danramil 1002-03/Haruyan Peltu Henri Murpianto menyampaikan untuk wilayah kecamatan Haruyan terdapat 5 desa mengalami banjir  yaitu  Desa  Haruyan dengan  ketinggian air  berkisar antara  30 s.d 60 cm, Desa Haruyan Seberang, ketinggian air kurang lebih  30 cm di RT.01, 02,03 dan 04, sedangkan ketinggian air di RT. 05 ,mencapai 130 centimeter serta merendam 10 unit rumah warga,”tuturnya

Sementara itu di Desa Mangunang ketinggian berkisar antara 30 sampai dengan 40 centimeter sama dengan di Desa Mangunang seberang, dan untuk di desa Lok Buntar ketinggian air berkisar antara 30 sampai 60 centimeter,”sambungnya

Untuk wilayah Koramil 1002-06/Barabai kondisi air Sungai Barabai terpantau mendekati bibir sungai, kondisi air akan terus naik karena wilayah Barabai merupakan dataran rendah dan kebiasaannya air akan menggenangi wilayah bantaran sungai dan sebagian kota Barabai,”terang Danramil Kapten Inf Rudi Hartono.

“Kami menghimbau kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Barabai agar mengamankan barang-barang bergharga ke tempat yang aman, dan waspada tetapi jangan panik terhadap kemungkinan banjir,”tegas Danramil.(pendim1002).

Posting Komentar

0 Komentar