Kasdim 0913/PPU Mayor Inf Sarjito Dampingi Kunjungan Kerja Menkeu Dan Menteri PUPR Ke Sepaku



PENAJAM - Kepala Staf Kodim 0913/PPU Mayor Inf Sarjito mewakili Dandim turut mendampingi  Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono  dalam kunjungan kerja  pembiayaan  pembangunan IKN (Ibu Kota Negara) yaitu tim pembahasa RUU IKN di wilayah Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Kamis (06/01/2022). 

Dua menteri  tersebut juga mengunjungi Rencana  pembangunan  Kawasan Induk Pusat pemerintahan dan rencana pembangunan jalan menuju pusat perkantoran. 

Rombongan Menteri PUPR dan Menteri Keuangan juga melakukan peninjauan di lokasi pembangunan Bendungan Semoi Sepaku, kemudian acara seremoni di jembatan Pulau Balang, jembatan pendekat ke Sepaku dari Balikapapan.

Selain itu, peninjauan yang dilakukan di kawasan titik nol untuk memastikan perencanaan ke depannya. Termasuk pembangunan istana negara yang desain perencanaannya sudah disepakati. 

Desain istana negara sendiri memang sudah ada menunggu instruksi pengerjaan dari Presiden Joko Widodo. 

"Yang jelas tujuan kami ke titik nol untuk memastikan perencanaan pembangunan ke depannya untuk pembangunan IKN," terang Basuki. 

"Peninjauan untuk memastikan program Kementerian PUPR  yakni pembangunan bendungan di wilayah Semoi,” kata Basuki saat dikonfirmasi di lokasi kegiatan.

"Fokus pembangunan kita tidak hanya pada IKN, namun di daerah sekitarnya juga. Karena jangan kan daerah penyangga, di pelosok negeri saja kita fokus melakukan pemerataan pembangunan," ungkapnya.

Sementara itu Sri Mulyani dalam kesempatan itu menyampaikan  kementerian keuangan bersama sama  Menteri Basuki dalam peninjauan lokasi IKN.  Tujuannya untuk memberikan gambaran tentang bagaimana menentukan tahapan pembangunan IKN sesuai Undang-Undang sedang dibahas. 

Tahapan pembangunan IKN tentunya berpatokan dengan ketentuan Undang-Undang dan kemampuan keuangan negara di APBN. 

"Kita masih membahas UU IKN, yang nantinya bakal kita sesuaikan berdasarkan tinjauan di lapangan. Di mana nantinya akan ada tahap-tahap pembangunan yang bisa kita jalankan dan dari sisi keuangan negara juga aman," lanjutnya

Sumber Kodim 0913/PPU

Posting Komentar

0 Komentar