Dandim 1005/Barito Kuala Hadiri Acara Penutupan Pasar Rakyat Dalam Rangka Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala



BARITO KUALA-Acara Penutupan Pasar Rakyat Dalam Rangka Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala bertempat di Lapangan 5 DESEMBER Kel. Marabahan Kota Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.
Selasa(25/01/2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh, Bupati Batola Hj. Noormiliyani A.S,S.H, Wakil Bupati Batola H. Rahmadian Noor, ST, Ketua DPRD Batola Bpk. Saleh, Sekda Batola Ir. H. Zulkipli Yadi Noor,M.Sc, Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han), Kapolres Batola AKBP Lalu Moch. Syahir Arif S.I.K,MM, Kajari Barito Kuala Bpk. Eben Neser Silalahi,SH.,MH, Para Staf Ahli Bupati, Asisten dan pimpinan SKPD Pemda Batola, Ketua KONI Kab. Batola Drs. Dahlan
- Ketua KNPI Batola Bpk. Hery Sasmita,SSTP.,M.AP,  Para Camat jajaran Pemda Batola, Kepala Cabang Bank Kalsel Marabahan Bpk. Akhmad Fauzi Noor, Kepala Cabang BRI Marabahan Bpk. Safril Setyo, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVIII Kodim 1005/Barito Kuala,  Ketua TP. PKK Kab. Batola Hj. Saraswati Dwi Putranti Rahmadian Noor, Ketua Bhayangkari Polres Batola Ibu Melissa Lalu Arif,Ketua Gatriwara Batola Ibu Rahma Saleh.


Adapun Rangkaian Kegiatan Acara antara lain, Pembukaan, Pembacaan Do'a oleh H. Nahruddin, Laporan Ketua Panitia Pelaksana Oleh Ir. H. Zulkipli Yadi Noor,M.Sc., Pengumuman Pemenang Doorprize.Pengumuman dan penyerahan hadiah kepada Juara Lomba Karnaval Daur Ulang, Lomba Ketangkasan Damkar, Pengundian Doorprize kategori pengunjung pasar rakyat, Pengundian hadiah utama vaksinasi dosis pertama (2 paket umroh/uang tunai Rp. 40.000.000,-/orang), Ibu Jumiati alamat Jln. Jend. Sudirman Kel. Marabahan Kota Kecamatan Marabahan,Ibu Ani Alamat Sungai Punggu Lama Kecamatan Anjir Muara.


Sambutan dan penutupan secara resmi Pasar Rakyat oleh Bupati Barito Kuala
Dengan selesainya Pasar Rakyat ini telah menggiatkan dan menggerakkan sektor ekonomi kerakyatan, memberikan wadah promosi produk lokal unggulan daerah serta menumbuhkan semangat bagi UMKM dan usaha sejenisnya untuk lebih aktif dalam berbagai usaha perekonomian dan kerajinan sehingga telah menumbuhkan ekonomi kreatif yang lebih maju di wilayah Barito Kuala.
Didalam upaya kita bersama meningkatkan hasil hasil Pembangunan daerah di seluruh wilayah Kabupaten Barito Kuala sebagaimana biasa pada setiap tahun kita biasanya mengadakan pameran pembangunan tapi untuk kali ini ada kegiatan yang berbeda dengan penyelenggaraan Pasar Rakyat. Pada event pasar rakyat ini kita telah dapat menjadikan etalase yang dapat menunjukkan produk-produk lokal unggulan daerah dan untuk peningkatan sektor ekonomi yang lebih baik.

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala terus mendorong para pelaku usaha untuk lebih kreatif untuk membeli produk-produknya dan inovatif dalam mengikuti pasar serta dapat memanfaatkan teknologi secara profesional maka akan berdampak dengan meningkatnya pemasaran produk karena soal-soal pemasaran selalu menjadi masalah besar bagi kalangan UMKM. Disamping soal modal untuk itu Pemerintah Kabupaten Barito Kuala telah berusaha berusaha semaksimal mungkin membantu persoalan dihadapi oleh pengusaha kecil ini salah satunya dengan menggencarkan promosi lewat berbagai cara usainya kegiatan pasar rakyat.

Kepada seluruh peserta rakyat baik dari pelaku UMKM, PKL dan para penjual kuliner dan lain-lain terimakasih telah berpartisipasi di dalam pasar rakyat ini pesan kami mari kita bersama-sama mendukung kegiatan ini supaya kedepan bisa berdampak positif untuk masyarakat Barito Kuala. Dengan senantiasa mengharap ridho dan keberkahan dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan Yang Maha Esa dengan diiringi ucapan Alhamdulillahi Rabbal Alamiien pada hari ini Senin tanggal 24 Januari Tahun 2022 pasar rakyat dalam rangkaian meramaikan dan menyemarakkan hari jadi ke-62 Kabupaten Barito Kuala secara resmi kami nyatakan ditutup.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han), mengatakan dengan pembangunan fasilitas pasar tradisional yang memadai tentunya akan mampu mengangkat perputaran roda ekonomi dan bisa mendongkrak perekonomian masyarakat, selain itu diharapkan agar semua pihak, terutama para pedagang memiliki kesadaran dan tanggung jawab untuk menciptakan pasar yang nyaman, bersih, indah dan sehat, maka perlu upaya yang sungguh sungguh dari para pedagang, pengelola pasar dan masyarakat sekitar untuk terus menata dan membenahi pasar dengan baik, sehingga bisa meyakinkan kepada masyarakat untuk lebih menghidupkan kualitas pasar tradisional ditengah gencarnya serangan pasar modern, dalam rangka upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pasar Rakyat ini memiliki fungsi strategi yang tidak hanya terbatas dari aspek ekonomi tetapi juga dari aspek sosial budaya. Sehingga Pasar Rakyat ini mendapat dampak yang positif kepada para Pedagang Kaki Lima di wilayah Kabupaten Barito Kuala, ini terlihat tingginya jumlah perputaran uang selama pelaksanaan Pasar Rakyat.(Pendim 1005)

Posting Komentar

0 Komentar