Dandim 1005/Barito Kuala Hadiri Acara Puncak Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala dengan Tema "Simpun Gawi 2022"



BARITO KUALA-Acara Puncak Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala dengan Tema "Simpun Gawi 2022" bertempat di Lapangan Bola 5 DESEMBER Kel. Marabahan Kota Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan.Selasa(04-01-2022)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh,Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor,S.Sos, M.H,Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup RI ibu Rosa Vivien Ratnawati,SH., M.Sc,Bupati Batola Ibu Hj. Noormiliyani A.S,S.H,Para Bupati dan Walikota Wilayah Kalimantan Selatan,Anggota DPRD Provinsi Kalsel H . Hasanuddin Murad,Wakil Bupati Batola H. Rahmadian Noor, ST,Ketua DPRD Batola Bpk. Saleh,Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han), Kapolres Batola AKBP Lalu Moch. Syahir Arif S.I.K,MM,Wakil Bupati Batola Bpk H. Rahmadian Noor, ST,Sekda Batola Ir. H. Zulkipli Yadi Noor,M.Sc,Kajari Barito Kuala Bpk. Eben Neser Silalahi,SH.,MH,Ketua Pengadilan Negeri Marabahan Ibu Lusi Emmi Kusumawati,S.H.,M.H, Ketua Pengadilan Agama Batola Ibu Maya Gunarsih,S.H.I, Kepala Kantor Kementrian Agama Batola Bapak H. Eddy Khairani Z, S.Ag, M.Pd.I, Pasi Min/Log Lanal Banjarmasin Mayor Laut (T) Jhonathan Setia,SE, Kabintal Lanud Syamsudin Noor Mayor Sus Muthar, S.Ag

Adapun Rangkaian Kegiatan Acara antara lain, Karnaval Festival Daur Ulang, Menyanyikan Bersama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Mars Selidah,Mars Bergerak,Pembacaan Ayat Suci Al-Quran.

Sambutan Bupati Barito Kuala, Saya Bupati Batola mengucapkan selamat datang Bapak Gubernur Kalimantan Selatan di Kabupaten Barito Kuala.
Memaknai usia yang berumur ke 62 Tahun , Pemerintah Kabupaten Batola terus memompa semangat kerja. Agar senantiasa tetap eksis guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, seiring perkembangan setiap pengaruh dominan lingkungan strategis.

Pemkab Batola selalu berupaya menghadirkan aktivitas Pemerintahan yang memadai, guna mengantisipasi pengaruh tersebut, dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat yang dilakukan secara berjenjang dan bertahap.

Pemerintahan periode 2017-2022 dinahkodai oleh Bupati Batola dan Wakil Bupati Batola yang membingkai jaminan kesinambungan kinerja pemerintahan periode 2017-2022 dengan Visi Misi Batola Setara. Dengan harapan terwujudnya Batola, satu kata satu rasa, membangun desa menata kota, menuju masyarakat sejahtera.

Sambutan Menteri Lingkungan Hidup RI Dibacakan Oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup RI yang intinya menyampaikan, Pertama-tama saya mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengucapkan Selamat tahun Baru 2022 dan saya mengucapkan selamat hari jadi ke 62 untuk Kabupaten Barito Kuala semoga dapat menjadi kabupaten yang menjadi contoh oleh Kabupaten yang lain dalam hal permasalahan lingkungan hidup.
Menghadapi isu lingkungan yang semakin kompleks sehingga peran Pemerintah Daerah dalam hal ini Kabupaten Barito Kuala dan Provinsi Kalimantan Selatan menjadi sangat penting jangan menjadi penghambat dalam upaya meningkatkan ekonomi daerah namun harus jadi salah satu pilar utama yang kokoh bersama-sama dengan pilar utama lainnya bilang sosial ekonomi untuk menuju pembangunan berkelanjutan dalam mengatasi persoalan limbah dan sampah. 

Pemerintah sedang gencar menerapkan namanya Circular Economy yang memberikan nilai tambah ekonomi dan juga menyediakan lapangan kerja kepada masyarakat. Saya sangat terpesona dengan festival daur ulangnya sehingga kami yang hadir menikmati hasil karya dari Barito Kuala ini agar lebih ditingkatkan lagi.

Perlu kita ketahui bahwa setiap anak menghasilkan 0,7 kg/hari sehingga orang tua kalau nggak mengurangi sampah maka hampir 1 kg per hari yang kita hasilkan kalau adik-adik minum minuman dengan sedotan plastik 1 hari Indonesia menghasilkan 93 juta sampah sedotan plastik kalau dijajar itu dari Jakarta sampai Meksiko.

Saya mengapresiasi Kabupaten Barito Kuala itu punya sampah di Bupati catatan dari sistem informasi pengelolaan sampah yang sudah memiliki 57 bank sampah unit 2 bank sampah induk TPA nya. 

Kita sekarang sedang menghadapi persoalan sampah laut 80% sampah laut itu berasal dari darat dan saya mau Sungai Barito di Kabupaten Barito Kuala menjadi contoh pengelolaan sampah. jadi ada bank sampah dan ada pengelolaan sampah lainnya sehingga daerah-daerah lain yang dialiri sungai bisa mencontoh daerah ini.

Bapak Ibu sekalian hari ini juga kami akan menyerahkan insinerator yang dibangun untuk pengolahan limbah medis yang berlokasi di desa Sungai Pitung Kecamatan Alalak kabupaten Barito Kuala. Ini yang kami serahkan dari Kementerian LHK untuk mengelola limbah medis dan ini tidak hanya mengelola limbah medis dari Barito Kuala tapi juga daerah-daerah lain di Provinsi Kalimantan Selatan karena semua tahapan administrasi perizinan dan sebagainya sudah dilalui dan sudah bisa dioperasikan. 

Atensi dan aspirasi publik saat ini makin baik tentang aspek lingkungan dan hal ini cukup menggembirakan kalau kita lihat dengan sosial media dengan kemudian gerakan-gerakan masyarakat dan gerakan anak muda sangat menggembirakan di mana atensi terhadap persoalan Lingkungan sangat tinggi. Oleh karena itu, keterlibatan generasi muda sangatlah dibutuhkan dalam hal ini momentum hari jadi kabupaten Barito Kuala ke-62 ini diharapkan lebih menggugah lagi untuk kepedulian dan berbudaya lingkungan dengan aksi nyata.

Penandatanganan Prasasti Oleh Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah Dan Bahan Beracun Berbahaya Kementerian Lingkungan Hidup RI

Sambutan Gubernur Kalimantan Selatan yang intinya menyampaikan
Saya mengucapkan selamat atas HUT ke-62 untuk Kabupaten Batola, capaian kemajuan pembangunan dan torehan prestasi yang diraih adalah buah hasil sinergi bersama segenap komponen.
 Saya mengapresiasi sinergi ulama dan umara masyarakat Batola, sehingga beragam prestasi dan sukses pembangunan dapat diperoleh Kabupaten Batola
Pemerintah Kabupaten Batola terus semangat bekerja. Agar senantiasa tetap eksis guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, seiring perkembangan setiap pengaruh dominan lingkungan strategis. Mengingat selama kurun waktu penyelenggaraan pemerintahan daerah telah menapak, meniti dan bergerak maju. 

Mewujudkan tugas bersama dalam ruang kesempatan yang sama, sehingga 
Di usia ke-62 tahun dinamika penyelenggaraan Pemerintahan di Batola terus mengalami kemajuan serta banyak memberi manfaat bagi masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Barito Kuala.


Dandim 1005/Barito Kuala Letkol Arm Ari Priyudono,S.Sos.,M.Tr.(Han) Menyampekan di pada Acara Puncak Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Kuala dengan Tema "Simpun Gawi 2022" Mengucapkan selamat atas HUT ke-62 untuk Kabupaten Batola, capaian kemajuan pembangunan dan torehan prestasi yang diraih adalah buah hasil sinergi bersama segenap komponen
Puncak Perayaan Hari Jadi Batola merupakan momen untuk menyampaikan beragam pembangunan dan perencanaan penataan daerah dipaparkan Bupati Barito Kuala kepada Gubernur Kalsel dan seluruh tamu undangan.(Pendim 1005)

Posting Komentar

0 Komentar