DANDIM 0734/KOTA YOGYAKARTA BEKALI MENWA MAHAKARTA DENGAN WAWASAN KEBANGSAAN



Yogyakarta - Dalam rangka mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkarakter dan memiliki inovasi guna kemajuan bangsa dan negara, Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Arif Harianto memberikan pembekalan materi Pendidikan Kewarga Negaraan dan Bela Negara kepada Menwa Mahakarta diaula Kodim 0734/Kota Yogyakarta, Sabtu (08/01/2022).

Pada kesempatan ini Dandim menjelaskan tentang Bela Negara yang merupakan sikap dan perilaku warga negara, yang dijiwai oleh kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Dalam Bela Negara, terdapat 5 nilai dasar yang terkandung didalamnya, yakni cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, meyakini Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara serta memiliki kemampuan awal Bela Negara,” terangnya.


Dandim juga menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan sangat penting bagi mahasiswa baru, agar dapat mengerti tentang sejarah, silsilah dan adat budaya yang ada di negara Indonesia. Sehingga, kedepannya bisa menjaga dan meneruskan serta memelihara nilai-nilai yang terkandung dalam sejarah atau perjuangan bangsa Indonesia.

“Melalui pembekalan wawasan kebangsaan ini kita berharap agar mahasiswa merasa memiliki dan terpanggil untuk bela negara, serta terbentuk karakter pribadi dirinya untuk mengabdikan diri terhadap bangsa dan negara melalui keperawatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan,” tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar