AKHIRNYA PSU PILKADA KABUPATEN YALIMO BERJALAN AMAN DAN LANCAR


Elelim - Tahapan PSU Pilkada Kab Yalimo 2020 berakhir hari ini saat Rapat Pleno KPU Kab. Yalimo diputuskan hari ini. PSU yg semula diprediksi tidak dapat berjalan lancar, sama sekali tidak terbukti.

Pengamanan TNI-Polri terbukti efektif dengan Komunikasi yang terjalin baik dengan para tokoh di masing-masing Paslon. Pendekatan yang humanis dengan massa pendukung serta berbagai kegiatan positif yang sudah dijalankan jauh sebelum Pencoblosan hingga pleno hari ini.

Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Arif Budi Situmeang menghadiri Rapat Pleno dalam rangka rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten pada PSU II Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Yalimo, Papua.

Rapat Pleno ditingkat Kabupaten digelar oleh KPUD Kab. Yalimo bertempat di Gedung Sekretariat DPRD Yalimo, Distrik Elelim Kab. Yalimo pada hari ini, Minggu (30/1). Dipimpin langsung oleh Ketua KPUD Kab. Yalimo Yehemia Welianggen. 

Ketua KPUD Kab. Yalimo Yehemia Welianggen dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dan mengambil peran atas terselenggaranya PSU II Kab. Yalimo.

"Pelaksanaan PSU di Kab. Yalimo ini merupakan Putusan dari Mahkamah Konstitusi. Untuk itu terima kasih kepada semua pihak atas kerjasamanya sehingga ini bisa terselenggara," katanya.

Sementara itu, Dandim 1702/Jayawijaya saat ditemui disela-sela kegiatan menyampaikan bahwa guna memastikan pelaksanaan kegiatan Rapat Pleno berjalan dengan lancar dan aman, pihaknya mengerahkan sebanyak 172  personel yang disiagakan disekitar tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Personel (TNI) yang disiagakan langsung disini sebanyak 172 personil, sedangkan personel yang lain kita sebar di beberapa titik bersama dengan pihak kepolisian untuk mengamankan beberapa titik yang menurut kami rawan terjadi kericuhan selama rapat pleno berlangsung maupun saat pengumuman hasil perhitungan nantinya," ujar Dandim.

Dandim mengungkapkan bahwa situasi di Kab. Yalimo pasca pemungutan suara di lima distrik hingga saat ini relatif kondusif.

"Seluruh elemen masyarakat mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Meski sempat diragukan, akhirnya Pilkada Yalimo selesai dengan lancar dan damai.
Rakyat Yalimo berpesta menyambut berakhirnya pesta demokrasi ini," ungkap Dandim.

Dalam Rapat Pleno tersebut, disampaikan hasil rekapitulasi perolehan suara PSU Kab. Yalimo dengan presentase suara 53,33 % untuk paslon nomor urut satu Dr. Nahok Nekwek, S.Pd, MM., -  John W. Wilil, Amd.

Sedangkan untuk paslon nomor urut dua Lakius Peyon, S.St -  Nahum Mabel, SH., mendapatkan total perolehan suara sebanyak 45,68 %.

Tahapan Pilkada hingga Pleno KPU Kab. Yalimo dinyatakan selesai dengan aman dan damai. Terlihat Bupati, Dandim dan Kapolres serta Anggota Bawaslu Provinsi berangkulan setelah pembacaan dan penandatanganan berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara.

Posting Komentar

0 Komentar