Pelatihan dan Simulasi Penanggulangan Kebakaran di Koharmatau



Bandung-Koharmatau. Bertempat di lapangan olah raga Makoharmatau digelar acara pelatihan dan simulasi cara penanggulangan kebakaran, kegiatan ini bekerjasama dengan Subsie Base Rescue Lanud Husein Sastranegara Bandung. Diikuti oleh personel Koharmatau.  Kamis (23/12/2021). Simulasi diawali dengan penjelasan tata cara penggunaan alat pemadam kebakaran oleh Pjs Kasubsi Base   Rescue Lanud Husein Sastranegara Lettu Lek Suhardi.

Tujuan simulasi ini yang merupakan program kerja denma Koharmatau TA 2021 agar dapat meningkatkan kewaspadaan seluruh personel Koharmatau sehingga tindakan pencegahan kebakaran dapat dilakukan secara maksimal, serta dapat memberikan gambaran efektifitas organisasi dan rencana tindakan  sesuai Protap/SOP yang telah disusun guna menghadapi kemungkinan terjadinya kebakaran.

Di dalam pelatihan penanggulangan kebakaran tersebut terdapat materi-materi yang diajarkan antara lain adalah mengenai cara penanggulangan bencana kebakaran, mengenai, jenis alat pemadam kebakaran (APAR) dengan bahan bentuk bubuk kimia kering, bahan carbon dioxide (Co2), busa, cara penggunaan alat pemadam kebakaran, penggunaan selang hydrant dan cara penggunaan APAR serta cara mengevakuasi korban dengan benar. 

Kegiatan ini juga mensimulasikan tentang hal hal yang perlu diperhatikan saat pemadaman api, Yaitu arah angin, jenis bahan yang terbakar, volume dan potensi bahan yang terbakar, letak dan situasi lingkungan, lamanya terbakar dan alat pemadam yang tersedia.(Pen Koharmatau).

Posting Komentar

0 Komentar