Mulawarman Tangguh, Kodim 0913/PPU Ikuti Lounching Ketahanan Pangan Diwilayah Kodam VI/Mulawarman



PENAJAM - Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho SIP mengikuti Lounching Program Ketahanan Pangan diwilayah Kodam VI/Mulawarman (Mlw) melalui Video Converence yang dipimpin langsung oleh Pangdam VI / Mulawarman Mayjend TNI Teguh Pudjo Rumekso M.Tr. Han. bertempat di Demlot Hanpangan Kodim 0913/PPU di RT 07 Ds. Giripurwa Kec. Penajam Kab.PPU.Jum’at (17/12/2021).

Pangdam VI/Mlw Mayjend TNI Teguh Pudjo Rumekso M.Tr. Han dalam sambutannya mengatakan,”Kodam VI/Mlw memperdayakan lahan perangkat untuk lahan ketahanan pangan dan agro wisata guna mendukung ketahanan pangan calon ibu kota negara dan wisata agro.

“Dan lahan-lahan ini bertujuan untuk membantu program pemerintah guna meningkatkan ketahanan pangan nasional, meningkatkan kesejahteraan petani dan tentunya meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat serta menjamin ketersediaan logistic wilayah  untuk kepentingan pertahanan negara " pungkasnya.

"Pandemic covid-19 ini yang kita rasakan ini memberikan dampak pada ketidak stabilan ekonomi dan ketahanan pangan, guna mengantisipasi adanya krisis global  saat itu Presiden Joko Widodo merespon peringatan tersebut dengan mengambil satu kebijakan penguatan sistem ketahanan pangan nasional melalui program food Estate maka akan dikembangkan peluang menjadi tempat agrowisata Balikpapan sangat peduli akan ketahanan pangan di wilayah khususnya dalam menunjang kebutuhan pangan di kawasan calon ibu kota negara", jelasnya.

Pembukaan lahan serentak  seluas  1.409,75 Ha yang tersebar diseluruh wilayah Kodam VI/Mlw. Rencana kedepannya, lahan ini selain dikembangkan untuk lahan ketahanan pangan dalam menunjang kebutuhan pangan di kota Balikpapan maka akan dikembangkan pula menjadi tempat agro wisata Balikpapan.

Diakhir sambutannya Pangdam VI /Mlw juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya program ketahanan pangan wilayah Kodam VI/Mlw terutama dilahan transat KM 08 Kelurahan Karangjoang Balikpapan Utara. Upaya yang kita laksanakan ini dapat membantu memenuhi kebutuhan pangan di propinsi Kalimantan Timur ,”harapnya.

Di Lokasi Demlot milik Kodim 0913/PPU kepada awak media Dandim 0913/PPU menjelaskan,” kegiatan ini salah satunya memanfaatkan lahan potensi yang tidak produktif merubah menjadi lahan yang berproduktif  serta menyiapkan daerah penyangga pangan dalam rangka perpindahan Ibu Kota Negara (IKN),apalagi wilayah Kab PPU ini  yang akan menjadi tititk pusat pembangunan IKN ,seperti contoh lahan demlot milik Kodim 0913/PPU yang di kerjakan oleh Babinsa teladan Koptu Gampang beserta para poktani nya,”pungkas Dharmawan,

Selesai acara Lounching Ketahanan Pangan diwilyayah Kodam VI/Mlw sebagai bentuk perhatian satuan kepada masyarakat pok tani Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan Setyo Nugroho didampingi oleh Kapten Inf Martono,Babinsa dan Bhabinkamtibmas menyerahkan bantuan sembako kepada perwakilan Kelompok Tani Harapan Baru .

Kodim 0913/PPU

Posting Komentar

0 Komentar