Manfaatkan Lahan yang Kosong Untuk Ditebari Benih Ikan



GROBOGAN - Guna menambah kenyamanan dan memanfaatkan lahan pekarangan yang sempit, Koramil 01/Purwodadi Kodim 0717/Grobogan membuat terobosan dengan budidaya ikan nila. Budidaya ikan tawar jenis nila yang di kembangkan tersebut terletak di depan dan di belakang gedung Makoramil.
Dikatakan Serka Winarno, bahwa pemanfaatan lahan sempit dengan budidaya ikan nila dimaksudkan selain untuk menambah kenyamanan lingkungan juga mempunyai nilai ekonomis dalam mencukupi kebutuhan keluarga.
“Budidaya ikan nila ini bertujuan untuk memanfaatkan lahan yang sempit di Makoramil ini, selain itu nanti hasilnya juga bisa dinikmati oleh anggota Koramil,”ujarnya, Kamis (2/12).
Sementara itu menurut Danramil 01/Purwodadi Kapten Inf Sunoto, kegiatan ini sebagai salah satu wujud dari program peningkatan ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah dengan memanfaatkan lahan kosong. Selain budidaya ikan nila, sayuran hidroponik dan cabe juga ditanam di sekitar lahan tersebut.
“Benih ikan nila tersebut didapat dari pembibitan di daerah Kuripan, kita beli dan kita tabur di sini,” terang Kapten Sunoto.
Karena itu, sambung Danramil pihaknya akan terus melanjutkan budidaya ikan nila tersebut. Danramil juga berharap warga mau mencontoh karena budidaya ikan nila tidak sulit, sehingga bisa mendukung program ketahanan pangan nasional.
“Apalagi masih dalam massa pandemi seperti saat ini, diharapkan muncul ide yang kreatif dari anggota, yaitu salah satunya dengan budidaya ikan nila ini nantinya dapat meningkatkan pangan non beras, ” pungkas Danramil. (Pendim0717/Grobogan).

Posting Komentar

0 Komentar