Jadi Narasumber, Dandim 1008/Tbg : Implementasikan Sikap Toleransi dan Tangkal Radikalisme



TABALONG. Telah dilaksanakan acara kegiatan Pengukuhan Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kecamatan Se-Kabupaten Tabalong Masa Bhakti 2021-2026 bertempat di Pendopo Bersinar, Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong. Senin (13/12/21).

"Tugas utama dari pada Pimpinan Dewan Masjid Indonesia di kabupaten Tabalong salah satunya ialah bagaimana berupaya secara terus-menerus untuk memakmurkan masjid" ungkap Bupati Tabalong, H. Anang Syakhfiani dalam sambutannya 

Ia melanjutkan, menjadi harapan kita bersama agar Masjid ini menjadi pusat kegiatan dakwah di kabupaten Tabalong.

Sementara itu Komandan Kodim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha S.Sos selaku narasumber memberikan paparan dihadapan seluruh Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tabalong yang baru dikukuhkan. Dalam kesempatan tersebut Dandim menjelaskan bahwa Aksi teror diawali dari sikap intolerasi, esklusive, ekstrimis, menganggap beda paham adalah musuh, radikal dan selanjutnya aksi.

Pimpinan Cabang Dewan Masjid Indonesia diharapkan dapat merangkul masyarakat, menampung saran, memahami serta dapat mengimplementasikan sikap toleransi antara umat beragama, demi terwujudnya ketahanan wilayah dari ancaman paham radikal yang berdampak dapat menimbulkan konflik.

"Para dewan Masjid Kabupaten Tabalong memahami dan dapat mengimplementasikan sikap toleransi antara umat beragama, kemudian terwujudnya  ketahanan wilayah dari ancaman paham radikal" pungkas Dandim.

Upaya tangkal paham radikal dengan menanamkan jiwa Nasionalisme. Berfikiran terbuka dan toleran. Waspada terhadap segala bentuk provokasi dan hasutan serta berperan aktif dalam melaporkan paham radikalisme.

Sedangkan upaya mengatasi konflik agama diantaranya dengan mempererat tali persahabatan dan berusaha mengenal lebih jauh antara satu dengan yang lain. Memiliki rasa hormat antara umat beragama. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tabalong, Ketua DPRD, Kapolres Tabalong diwakili Kanit Binmas, Kemenag Kabupaten Tabalong, Ketua MUI Kabupaten Tabalong, Ketua Umum DMI, serta Pimpinan Dewan Cabang Masjid se Kabupaten Tabalong. (Pendim1008).

Posting Komentar

0 Komentar