Babinsa Koramil Pantau Banjir dan Bantu Distribusikan Sembako Untuk Korban



PENAJAM - Anggota Koramil 0913-01/Penajam Serda Djatmiko dan Serda Heri bersama Tim BPBD Kab. Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan pemberian pendistribusian sembako dan sekaligus memantau banjir terhadap pemukiman warga yang diakibatkan oleh meluapnya air sungai curah akibat intensitas curah  hujan yang tinggi dengan TMA 30 cm -  100 cm (1 meter) yang terjadi di RT 01 & 05 Kel. Lawe - Lawe Kec.  Penajam Kab. PPU. Rabu (29/12/2021).

Serda Heri menjelaskan , “Hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten PPU khususnya di Kelurahan Lawe-Lawe pada hari Selasa, (28/12) pukul  21.00-21.30 Wita berlangsung hingga dini hari  sehingga mengakibatkan air sungai meluap dan berdampak pada naiknya tinggi muka air pada  halaman dan rumah warga yang berada di wilayah rendah dan dekat dengan pinggir sungai Lawe-Lawe,”pungkasnya.

”Lokasi banjir tersebut merupakan dataran rendah  yang berada di DAS Lawe - lawe yang sering mengalami banjir ketika terjadi Hujan dengan Intensitas Tinggi dan untuk itu kami bersama  tim dari BPBD Kab PPU akan terus memantau perkembangan situasi dan TMA (Tinggi Muka Air) sampai dinyatakan Normal,”Kata Babinsa.

Sementara itu diruang kerjanya Dandim 0913/PPU Letkol Inf Dharmawan menegaskan,“Itu sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab Babinsa selaku apparat kewilayahan. Mereka saya instruksikan untuk terus mendampingi warga binaannya dan harus bergerak cepat apabila ada kondisi darurat,” Jelas Dandim .

“Maka dari itu  Babinsa tetap  memantau dan mengawasi keamanan wilayah binaan tersebut terutama yang sedang tertimpa musibah banjir yang didampingi oleh Tim BPBD Kab PPU, dengan terus bersiaga dan melakukan pemantauan debit air di sekitar lokasi banjir,”tutupnya.

Kodim 0913/PPU

Posting Komentar

0 Komentar