Satgas Yonif 131/Brs Menerima Penghargaan Dari Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih



Abepura - Satgas Pamtas Yonif 131/Brs menerima penghargaan dari FK Uncen atas bimbingan kepada Mahasiswa FK Universitas Cenderawasih Papua dan wujud sinergitas antara Satgas Yonif 131/Brs dan FK Uncen khususnya di bidang kesehatan di Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 131/Brs Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M. Tr (Han) dalam rilis tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami, Jayapura. (10/11/2021).


Dansatgas menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Universitas Cendrawasih yang telah memberikan piagam penghargaan ini atas kerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan, SDM dan sebagai bentuk sinergitas TNI AD dengan lembaga pendidikan di Papua.

"Ini suatu kehormatan bagi kami sebagai satgas pertama di perbatasan yang menerima penghargaan dari perguruan tinggi di tanah Papua", ujar Dansatgas.

Pada kesempatan yang sama Dokter Satgas Yonif 131/Brs Lettu Ckm dr  Muhammad Hendra Riski menjelaskan, "Kami tim kesehatan satgas memberikan bimbingan dan penjelasan kepada mahasiswa FK Uncen mengenai kasus penyakit yang sering ditemui pada masyarakat di perbatasan dan pendampingan pada praktek lapangan para mahasiswa Fakultas Kedokteran yang sering ikut dalam pelaksanaan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis, pengecekan darah, edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Satgas Yonif 131/Brs di beberapa tempat di wilayah perbatasan RI-PNG."

"Kegiatan ini bentuk nyata peran dan kehadiran Satgas TNI di perbatasan untuk meningkatkan mutu kesehatan masyarakat sekaligus menjadi mentor bagi adik-adik mahasiwa FK Uncen guna menambah pengalaman mereka saat bertugas melayani kesehatan masyarakat papua nantinya.
Kegiatan ini sekaligus juga mengenalkan kepada mereka bahwa TNI tidak berperan hanya dalam bidang keamanan saja tetapi juga di bidang pendidikan", ujar Dokter Satgas.

Lebih lanjut di jelaskan dr Hendra, kegiatan lain para mahasiswa juga melaksanakan baca jurnal ilmiah mengenai stunting dan malaria di pos Kotis Satgas Yonif 131/Braja Sakti bersama personil kesehatan Satgas.

Dekan FK Universitas Cenderawasih dr. Trajanus L. Jembise Sp.B yang langsung menyerahkan piagam penghargaan tersebut, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan kali pertama mahasiswa kedokteran melaksanakan bimbingan ke pos militer TNI dan membaca jurnal bersama dengan Tim Kesehatan Satgas Yonif 131/Brs serta ikut terlibat langsung dalam memberikan pelayanan kesehatan pada bakti sosial yang dilaksanakan oleh Satgas Pamtas Yonif 131/Brs.
"Saya sangat mendukung seluruh kegiatan yang dilakukan dan saya berharap agar kerja sama ini dapat berlangsung secara continue sehingga bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat di Papua", ujarnya.

Posting Komentar

0 Komentar