Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana di HST



BARABAI-Bertempat di Auditorium Setda Kabupaten Hulu Sungai Tengah Jl. Perwira No. 1 Barabai dilaksanakan acara Rapat Koordinasi Penetapan Status Siaga Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung Tahun 2021-2022 untuk wilayah Kab. Hulu Sungai Tengah. Selasa (09/11/2021).

Rapat koordinasi dipimpin langsung oleh Wakil Bupati HST HST Drs. H. Mansyah Sabri   yang juga dihadiri oleh Ketua DPRD HST H. Rachmadi, Kasdim 1002/HST Mayor Arm Agus Sutisna, Kabag Ops Polres HST Akp Aris Munandar, S.E, Yonif 621/Mtg  diwakili oleh Kapten Wibowo Teguh Sugiharto, Kepala Pelaksana BPBD H. Budi Hariyanto S.Kep, M.M, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SOPD terkait, Perwakilan PMI, Bulog, Orari, Balakar dan Tagana kabupaten HST. 

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati HST HST Drs. H. Mansyah Sabri    menyampaikan bahwa  melalui rakor ini kita berharap akan dihasilkan rumusan-rumusan terbaik dan perencanaan yang matang serta terjalinnya hubungan yang baik antar stake holder terkait didalam penanggulangan bencana di kabupaten HST,”ucapnya.

Bercermin dari kejadian bencana banjir bandang pada awal tahun 2021 di kabupaten HST agar kita lebih peduli kepada lingkungan, Memonitor keadaan cuaca dari BMKG, melaksanakan latihan simulasi penanganan bencana, penetapan tempat evakuasi dan status siaga bencana, Kebersamaan ini sangat diharapkan didalam Mengantisipasi dan Penanganan Bencana di kabupaten HST,”sambungnya

Adapu hasil Rakor Penanggulangan Bencana antara lain ; Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dari tanggal 10 Nopember 2021 sd 10 Maret 2022 (4 Bulan), Kodim 1002/HST, Polres HST dan Yonif 621/Mtg siap dari segi personel mendukung pemda apabila diperbantukan didalam penanganan siaga Bencana di kabupaten HST.

Segera mendirikan Posko Banjir, tanah longsor dan angin puting beliung di kabupaten HST,  Dana Kegiatan Posko dari BTT BPKAD Kab HST sudah disiapkan, tetapi untuk besarannya masih diperhitungkan, Dari Dinas Kesehatan sudah siap tenaga medis yang bisa diambil dari Rumah sakit dan puskesmas.

Sementara itu Bolug Subdrive Barabai siap menyuplai 100 Ton apabila ada tanggap darurat di kabupaten HST, untuk Dukcapil siap membantu dalam proses penyiapan Dokumen kependudukan pada status siaga bencana dan  PMI kabupaten HST siap diposko dengan tenaga medisnya.

Sementara itu Kepala Staf Kodim 1002/HST Mayor Inf Agus Sutisna usai mengikuti rakor kepada Tim Penerangan menyampaikan bahwa rakor ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagakan didalam penanggulangan  Bencana alam di kabupaten HST, sehingga apparat kewilayah sudah siap apabila terjadi bencana,”tegasnya.(pendim1002).

Posting Komentar

0 Komentar