Persit KCK Cab LXV Dim 0913 PPU Gelar Pelayanan Posbindu PTM



PENAJAM – Dalam perkembangan kesehatan masyarakat, peningkatan prevalensi penyakit tidak menular telah menjadi sebuah ancaman yang serius, salah satu strategi yang dikembangkan oleh pemerintah untuk mengendalikannya adalah dengan keberadaan Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular ( Posbindu PTM ).

Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor resiko PTM, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Dim 0913 PPU menggelar pelayanan Posbindu PTM di Posbindu PTM Kodim 0913/PPU-Korem 091/ASN Kodam VI/Mlw yang berlokasi di samping Makoramil 01/Penajam, Jum'at (19/11/2021).

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Dim 0913 PPU Ny. Santi Dharmawan menuturkan, berbagai data dan penelitian menunjukkan bahwa trend tingkat kesakit dan kematian dari penyakit tidak menular yang sering tidak terdeteksi seperti hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal dan sebagainya sudah melampaui tingkat morbiditas dan mortalitas penyakit menular.

Untuk itulah dibutuhkan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini serta pemantauan faktor resiko PTM yang dilakukan secara terpadu, rutin dan periodik melalui Posbindu PTM

Sasaran Posbindu adalah kelompok masyarakat sehat, beresiko dan penyandang PTM atau orang dewasa yang berusia 15 tahun keatas.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud dukungan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Dim 0913 PPU dalam mendukung kesehatan masyarakat, semoga bisa terus berkelanjutan sehingga bisa memberikan lebih banyak informasi dan manfaat kepada masyarakat,” ucap Ny. Santi Dharmawan.

Tunjuan Posbindu PTM ini meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengurangi faktor resiko terhadap penyakit tidak menular dan bisa mendeteksi secara dini dan cara pencegahannya.

“Penyakit tidak menular ini keluhan atau gejalanya tidak jelas, tiba tiba begitu datang kasusnya berat, Jadi pencegahan dini saya harapkan ini harus aktif dan bisa menyesuaikan dengan jadwal puskesmas,” tegasnya.

Diharapkan dengan adanya Posbindu ini nantinya bisa bekerja sama dengan puskesmas, dan aktif dalam pelaksanaannya baik untuk anggota Persit KCK ,anggota Kodim 0913/PPU maupun untuk masyarakat.

Posbindu PTM merupakan rangkaian kegiatan monitoring atau deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi atau akibat kecelakaan yang dikelola oleh masyarakat secara mandiri atau berkisanambungan.

“Dalam kegiatan tersebut untuk petugas selain anggota persit sendiri yang sudah di latih khusus juga kita bekerjasama dengan Puskesmas Penajam, ,” Kata Ketua Persit KCK Cabang LXV Dim 0913 PPU.

Kodim 0913/PPU

Posting Komentar

0 Komentar