Babinsa Koptu Gampang Priyanto Beri Motifasi Kepada Petani Jagung



Penajam – Untuk membantu dalam peningkatan perekonomian masyarakat, Babinsa dukung program pemerintah yakni, swasembada pangan agar tetap bisa bertahan dengan baik tentunya banyak hal yang perlu dilakukan salah satunya yaitu saat panen jagung.

Kali ini anggota TNI dari Kodim 0913/PPU yang terjun langsung di pertanian dan bisa dibilang telah berhasil yaitu Babinsa Kel Petung Koptu Gampang Priyanto saat mendampingi Wakil Bupati PPU H.Hamdam Pangrewa dalam giat pendampingan Kelompok Tani Harapan panen Raya jagung pipil dengan luas lahan kurang lebih 1 Ha jenis tanaman Pertiwi 6 di kebun milik Bpk Badar warga Desa Giripurwa Rt 07 Kecamatan Penajam Kab PPU. Kamis,(11/11/2021).

Kepada awak media Koptu Gampang menyampaikan, ”Menanam jagung bisa menjadi aktivitas menyenangkan di rumah. Jagung juga merupakan tanaman musim panas yang paling baik ditanam setelah suhu tanah mencapai 16 derajat Celsius. Pasalnya, jagung yang ditanam di tanah yang dingin dan basah kemungkinan tidak akan berkecambah.

“Cara menanam jagung yang terpenting adalah memilih bibitnya, Untuk menanam jagung dibutuhkan tanah yang gembur,paling tepat dilakukan saat suhu udara antara 16 hingga 35 derajat Celsius. Tanaman ini juga hanya membutuhkan waktu 60 hingga 100 hari untuk mencapai panen, tergantung pada varietas dan jumlah panas selama musim tanam  sebelum menanam jagung pada lahan, sebaiknya diberikan kapur atau melakukan pengapuran untuk menurunkan tingkat keasaman tanah,”ulasnya.

Lanjutnya, kebutuhan kedepan akan jauh akan lebih meningkat dibadingkan sekarang karena diprediksi tahun 2024 nanti kurang lebih lima juta orang penduduk Kaltim dan semua itu perlu makan,semua memerlukan bahan pangan dan ini menjadi kesempatan bagi petani kita terutama di wilayah PPU .

“Dan jangan sampai peluang yang besar ini mendatangkan dari luar daerah ,apa lagi kita mempunyai lahan sangat luas ,tehnologi ada dan pemerintah selalu memberikan beberapa upaya upaya untuk meningkatkan produksi petani terutama Pajale,”Pesan Babinsa Kel Petung.

Kodim 0913/PPU

Posting Komentar

0 Komentar