Kodim Grobogan Mewajibkan Anggotanya Laksanakan Pembinaan Fisik, Ini Tujuannya

GROBOGAN - Guna menghindari resiko yang timbul saat melaksanakan pembinaan fisik (Binsik), prajurit Kodim 0717/Grobogan menyempatkan waktu melakukan pengecekan kesehatan di Alun – Alun Purwodadi.  Kamis (16/09/2021).
Pasi Ops Kapten Inf Isbandi mengatakan meskipun pembinaan fisik yang dilakukan terlihat sederhana, yakni lari aerobik. Namun, lari aerobik bukan sembarang olahraga, karena saat pelaksanaan faktor keselamatan dan keamanan harus diutamakan.
“Olahraga lari Memang terlihat ringan hanya mengayunkan kaki kiri dan kanan secara terus menerus. berlari termasuk dalam kategori olahraga berat sehingga butuh persiapan matang dan fisik yang prima,” katanya.
Kapten Inf Isbandi, mewajibkan seluruh prajurit yang akan melaksanakan pembinaan kesegaran jasmani dalam rangka usul kenaikan pangkat (UKP) untuk cek kesehatan terlebih dulu.
Menurutnya, cek kesehatan itu untuk menghindari terjadinya korban dalam rangka pengamanan personel. Sebab jika tidak melakukan persiapan (pengecekan) dengan benar, justru akan menyebabkan cidera bahkan kematian. Selain itu untuk menghindari masalah kesehatan jantung, dehidrasi, cidera otot dan kehilangan kesadaran.
Sementara itu di tempat terpisah, Pasi Pers Kapten Inf Sukarman mengungkapkan, perencanaan dan persiapan merupakan prosedur yang harus dilaksanakan dalam menetukan keberhasilan suatu latihan.
”Pemeriksaan kesehatan tidak boleh ditinggalkan. Mengingat setiap perorangan selalu ingin bersaing dan tidak mau kalah dengan yang lainnya. Hal itu didasari semangat yang membara karena ingin naik pangkat,” imbuhnya. (Pendim0717/Grobogan).

Posting Komentar

0 Komentar