KODIM 0734/KOTA YOGYAKARTA GELAR KOMSOS CEGAH, TANGKAL RADIKALISME DAN SEPARATISME



YOGYAKARTA - Kodim 0734/Kota Yogyakarta menggelar Komunikasi Sosial (Komsos) Cegah Tangkal Radikalisme dan Separatisme dengan mengusung tema ”Meneguhkan Toleransi Mencegah Radikalisme/Separatisme” dengan diikuti perwakilan Babinsa Koramil jajaran Kodim 0734/Kota Yka, Bhabinkamtibmas, Resimen Mahasiswa (Menwa), Tokoh Masyarakat (Tomas) dan Tokoh Pemuda (Toda) di Aula Amarta Makodim 0734/Kota Yogyakarta Jl. AM Sangaji No. 55 Jetis, Yogyakarta. Rabu (01/09/2021).
Pada kesempatan tersebut Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si menyampaikan, NKRI akan tetap berdiri kokoh pada masa kini dan kedepan jikalau kita dapat mencegah dan menangkal timbulnya Radikalisme/Separatisme, untuk itu dengan diselenggarakannya kegiatan ini marilah kita bersama-sama mengantisipasi munculnya Radikalisme/Separatisme di lingkungan sekitar kita.
“Pentingnya persatuan dan kesatuan dari seluruh elemen bangsa dalam mempertahankan keutuhan serta menangkal radikalisme dan Separatisme dapat menjadi modal pokok. Tak luput juga bahwa kepedulian dan keterlibatan masyarakat terhadap menjaga kondusifitas lingkungan menjadi sangat penting,” Terang orang nomor satu di Kodim Kota Yogyakarta ini.
“Jadi, melawan radikalisme dan separatisme bukan semata-mata tugas TNI dan Polri saja, tetapi sudah merupakan tugas kita bersama,” tegasnya.
Mengakhiri sambutannya Komandan Kodim berpesan untuk meningkatkan tentang pemahaman peran, fungsi dan tugas masing-masing agar mampu mewujudkan suatu kemampuan komponen bangsa dalam ikut mengantisipasi serta mencegah terhadap muncul dan masuknya paham radikalisme/separatisme dalam perkembangan kondisi sosial yang pesat. Yang tak kalah penting Dandim menekankan pentingnya wajib lapor agar bila ada permasalahan di wilayah bisa segera diantisipasi.
Acara dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Wawasan Kebangsaan yang disampaikan Mayor Arh Asil Harjanto (Komandan Koramil 02/Tegalrejo), materi Wawasan Keagaman yang disampaikan oleh Drs. H. Maskur Ashari, MA (Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kota Yogyakarta), dan materi tentang Wawasan Kewirausahaan yang disampaikan oleh Drs. Tri Karyadi Riyanto Raharjo, S.H., M.Si (Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UMKM Kota Yogyakarta).

Posting Komentar

0 Komentar