Dansatgas Pamtas Yonif 742/SWY Apresiasi Pagelaran Tapal Batas Anak Batas Tampil Sempurna



Belu NTT - Satgas Pengamanan Perbatasan RI-RDTL Sektor Timur bersama Radio Republik Indonesia (RRI) Atambua menggelar Pagelaran Tapal Batas yang dimainkan anak perbatasan RI-RDTL di Pos Mahein Dusun Fatubesi Desa Baudaok Kecamatan Lasiolat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Kamis (30/9/2021).

Pagelaran Tapal Batas dengan mengusung tema "Untuk Indonesiaku Inilah Semangat Kami Anak Negeri di Tapal Batas" disiarkan langsung RRI Atambua melalui frekuensi 91.5 Mhz dihadiri Dankipur II Kapten Inf Mahfud, Danpos Mahein Letda Cpl I Nengah Karmajaya, Koordinator Pagelaran Yuni Tome, Kades Maneikun Siprianus, Kades Fatulotu Markus, Pater Hengky dan Suster PRR Fransisca.

Sedangkan para peserta berasal dari tiga Desa Baudaok, Desa Fatulotu dan Desa Maneikun yang sekolah di SD Baudaok, SD Takarabat, SD Motaain dan SMA MGR Gabriel Manek.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro saat dikonfirmasi di Mako Satgas Pamtas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat memberikan apresiasi atas kerjasama Satgas dengan RRI Atambua menampilkan Pagelaran Tapal Batas yang merupakan Opera mini dengan sempurna untuk membangkitkan gairah dan semangat anak perbatasan ditengah keterbatasan.

Menurutnya, meskipun tidak bisa hadir karena kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, namun ia bersama anggota mengikuti acara melalui siaran langsung RRI Atambua yang terdengar berjalan tertib, aman dan lancar.

"Suara anak-anak peserta terdengar semangat baik saat pembacaan puisi maupun menyanyikan lagu kebangsaan," cerita Dansatgas.

Sebagai seorang Prajurit penjaga perbatasan, sambungnya, TNI dalam hal ini para Prajurit Wira Yudha Sejati senantiasa mendampingi dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat di masing-masing pos disepanjang 149 kilo meter wilayah Kabupaten Belu termasuk memberikan motivasi dan semangat adik-adik kita sebagai generasi penerus bangsa.

"Jadi pagelaran ini juga untuk menstimulasi anak-anak perbatasan untuk berani tampil dan berkompetisi dengan anak bangsa lainnya sehingga mereka kedepan bisa menyiapkan diri lebih maksimal dalam meraih cita-cita tentunya dengan belajar bersungguh-sungguh," paparnya.

Ia juga berharap agar anak-anak perbatasan tetap yakin dan percaya selama ada upaya dan usaha maksimal maka kesuksesan akan mengiringi.

Sedangkan Koordinator Pagelaran Yuni Tome mewakili Kepala RRI Atambua mengucapkan terimakasih atas dukungan dan motivasi dari Satgas Pamtas Sektor Timur dan seluruh peserta mulai dari awal hingga hari ini sehingga Pagelaran Tapal Batas dari anak batas dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Dijelaskannya, RRI Atambua dalam hal ini  mendengungkan dan menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa nasionalisme kepada masyarakat di daerah perbatasan.

"Terimakasih atas pelaksanaan yang luar biasa ini, semoga ini menjadi motivasi dan penyemangat bagi masyarakat khususnya adik-adik untuk lebih maju dalam menuntut ilmu," tutup Yuni.

Sementara Kades Fatulotu Markus pada kesempatan itu mengapresiasi pagelaran Tapal batas dari RRI Atambua dan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 742/SWY untuk masyarakat perbatasan. 

Hal ini menurutnya akan membawa nilai positif bagi masyarakat di perbatasan mengingat Satgas Pamtas juga banyak memberikan kontribusi positif selain menjaga keamanan wilayah perbatasan seperti dibidang kesehatan, pertanian dan pendidikan.

Ia juga mengatakan bahwa pagelaran ini yang pertama dan berharap agar kedepan kegiatan seperti tidak hanya sampai disini namun juga dilaksanakan pada kegiatan-kegiatan berikutnya kedepan.

Posting Komentar

0 Komentar