Dandim Grobogan Hadiri Kegiatan Gropyok Tikus



Grobogan – Dalam upaya mengendalikan serangan hama tikus, para petani di Desa Winong Kecamatan Penawangan bersama Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni S.E., M.M dan FKPD Kabupaten Grobogan melaksanakan gerakan massal pengendalian hama tikus atau lebih dikenal dengan gropyokan tikus pada tanaman padi MT 1 di area persawahan setempat. Senin (27/9).

Bersama ratusan petani, Bupati dengan penuh semangat memimpin pelaksanan gropyokan tersebut. Hadir pula dalam kegiatan tersebut Dandim 0717/Grobogan Letkol Inf Asman Mokoginta, Wakil Bupati Grobogan, Kapolres Grobogan, Kadinpertan Grobogan, Direktur BKK Cab. Grobogan dan tamu undangan lainnya serta para anggota kelompok tani (Gakpoktan) Manjur Desa Winong beserta masyarakat setempat.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini hendaknya senatiasa dilaksanakan terlebih secara gotong royong sebagai upaya untuk mengendalikan serangan hama tikus karena diketahui bersama bahwa hama ini memiliki tingkat perkembangan populasi yang sangat cepat.

“Kabupaten Grobogan memiliki tanggung jawab besar terhadap program pemerintah terkait kedaulatan pangan nasional. Kegiatan gropyokan tikus sebagai salah satu bagian dari program pemerintah yakni program Upaya Khusus Peningkatan produksi Padi , Jagung dan Kedelai yang ada di wilayah Kabupaten Grob ogan,” terangnya.

Sementara itu menurut Dandim Grobogan, pihaknya akan membantu dalam pengendalian dan pemberantasan hama tikus. Hal ini peran Babinsa yang ada di wilayah akan turun langsung, karena ini tidak bisa dilakukan secara perorangan. Tetapi, perlu dilakukan secara bersama-sama dengan memilih waktu yang tepat. Yakni di awal tanam seperti saat ini.

“Gropyokan seperti ini harus sering dilakukan. Agar hasilnya maksimal maka pelaksanaannya harus dilakukan secara bersama-sama. Kalau beberapa petani saja yang nggropyok, kurang maksimal,” cetus Asman.


Kegiatan gropyok tikus ini dilaksanakan dengan tertib aman serta sesuai prosedur kesehatan guna menekan penyebaran Virus Covid-19. (Pendim0717/Grobogan).

Posting Komentar

0 Komentar