Babinsa Koramil 19/Tanggungharjo Berikan Pembekalan Ke Satlinmas



Grobogan - Serma Tumerap anggota Koramil 19/Tanggungharjo Kodim 0717/Grobogan memberikan pembekalan dan pembinaan terhadap Satlinmas sebagai wujud Sinergitas TNI Polri Dengan Satlinmas Dalam Rangka Pengendalian Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan, bertempat di Aula Kecamatan Tanggungharjo, Kabupaten Grobogan.
“Sebagai upaya terwujudnya kamtibmas Serma Tumerap memberikan pembekalan dan pelatihan Satlinmas sekecamatan Tanggungharjo. Kegiatan ini juga sebagai wujud Sinergitas TNI Polri dengan Satlinmas dalam pembinaan terhadap masyarakat,” kata Danramil 19/Tangungharjo Kapten Cba Aniful Murtadhlo.
Danramil menjelaskan materi pembekalan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Satlinmas. Selain itu, diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan bela diri dasar. Dilakukan juga pengecekan sikap tampang dan penggunaan seragam Satlinmas.
“Kegiatan pembekalan dan pelatihan Satlinmas dilakukan dalam rangka meningkatkan kemampuan Satlinmas di masing-masing Desa. Harapannya Satlinmas bisa membantu melaksanakan tugas serta mendukung tugas TNI Polri dalam pengamanan kegiatan,” jelasnya.
Serma Tumerap Babinsa Koramil 19/Tanggungharjo memaparkan garis besar tugas Satlinmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu atau lainnya.
“Dalam kegiatan sehari hari atau bermasyarakat tugas Satlinmas adalah membantu aparat kewilayahan TNI Polri dalam menjaga keamanan dan ketentraman lingkungan serta membantu upaya pertahanan negara serta fungsi Satlinmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil (Hansip),” paparnya.
Babinsa menambahkan, pemberian materi disiplin dan semangat Bela Negara. Menurutnya Satlinmas merupakan bagian dari masyarakat yang harus bisa memberi contoh bagi masyarakat lainnya dalam penanaman disiplin dan semangat Bela Negara.
“Sebagai anggota Satlinmas kedisiplinan adalah modal pokok dalam keberhasilan melaksanakan tugas ataupun kegiatan,” tegas Babinsa.
Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Sekcam Kec. Tanggungharjo, Kasi Trantib Kec. Tanggungharjo, Anggota Polsek Tanggungharjo, Anggota koramil 19/Tanggungharjo, Anggota Satlinmas 30 orang se Kec. Tanggungharjo. Selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar serta menerapkan protokol kesehatan Covid 19. (Pendim0717Grobogan).

Posting Komentar

0 Komentar