WUJUDKAN RASA KECINTAAN GENERASI MUDA KEPADA NKRI, DANDIM JOGJA BERI PEMBEKALAN BELA NEGARA



YOGYAKARTA - Dalam upaya pembentukan generasi muda yang cinta tanah air dan menjunjung tinggi harkat serta martabat bangsa Indonesia, Komandan Kodim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si memberikan materi melalui meeting zoom sehubungan dengan diadakannya kegiatan Bela Negara Kepada Mahasiswa Baru Afirmasi Dikti se-Indonesia yang diselenggarakan Ikatan Keluarga Mahasiswa Afirmasi Universitas Negeri Yogyakarta bertempat di Ruang Data Makodim 0734/Kota Yogyakarta. Sabtu (21/08/2021).


Dalam pemaparannya, Dandim 0734/Kota Yogyakarta Letkol Inf Erwin Ekagita Yuana, S.I.P., M.Si menyampaikan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan terutama kepada mahasiswa baru Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengerti masalah yang diderita bangsa ini, serta menjelaskan betapa pentingnya posisi mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.


Lebih lanjut Dandim menyampaikan, generasi muda selaku agent of change, sebagai agen perubahan harus bertindak dan berbuat dan bukan hanya menjadi penggagas perubahan, melainkan harus menjadi objek atau pelaku dari perubahan tersebut. Selain itu, sebagai generasi muda sebagai aset cadangan dan harapan bangsa untuk masa depan harus mampu menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang tinggi terhadap kondisi masyarakat yang sedang berkembang karena generasi muda merupakan bagian dari masyarakat. Sejarah telah membuktikan bahwa berdirinya Negara Republik Indonesia ditempuh dengan perjuangan yang panjang, namun tantangan akan terus datang, baik itu tantangan dari dalam maupun dari luar negeri. Untuk itu dibutuhkan mental yang kuat, jiwa patriotism yang pantang menyerah. 


“Kalau anda ingin sampai ke puncak jangan berhenti untuk mendaki,” ucap Dandim.
Disadari atau tidak sekarang ini kepribadian dan nasionalisme generasi muda sedang mengalami penurunan. Rasa setia kawan dan menyayangi sesama manusia sudah mulai pudar. Hal itu bisa dilihat dari maraknya aksi tawuran massa, peredaran narkoba dan bentuk-bentuk anarkisme lainnya. Yang lebih memprihatinkan lagi adalah seringnya terjadi kejahatan seksual dan pelaku tawuran di mana pelakunya adalah justru anak-anak sekolah.


Mengakhiri pembahasan dalam penyampaian materi Bela Negara Dandim di berpesan, “Ditangan kalianlah para generasi muda bangsa ini kelak bergantung. Jadikanlah diri kalian generasi emas, generasi yang dapat membawa bangsa dan negaranya menuju Indonesia Jaya. Jangan kalian terpengaruh dengan hal-hal negatif yang dapat merusak moral dan jati diri kalian sebagai pemuda-pemudi bangsa Indonesia,” tegas Letkol Erwin.

Posting Komentar

0 Komentar