Penuhi Kebutuhan Darah, Personel TNI di Perbatasan RI-RDTL Gelar Donor Darah



Belu NTT - Personel TNI di pos perbatasan menggelar donor darah dengan menggandeng PMI Kabupaten Belu di Pos Motaain Kipur I Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Dusun Motaain Desa Silawan Kecamatan Tasifeto Timur Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/8/2021).

Donor darah yang dipimpin langsung Dankipur I Lettu Inf Tofan Cahyadi Rizki bersama Danton Kesehatan Satgas Letda Ckm Galih Juniardi diikuti 37 orang personel pos jajaran Kipur I.

Menurut Tofan sapaan Dankipur I, donor darah ini dilakukan untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkan terutama yang sedang dalam perawatan di rumah sakit.

"Alhamdulillah hari ini perwakilan masing-masing pos jajaran Kipur I ada yang donor dan mereka sudah terbiasa dengan kegiatan donor darah karena tidak hanya dilakukan disini, namun juga dilakukan di home base di Mataram NTB," ungkapnya.

Sedangkan Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur di Mako Satgas Pamtas Kelurahan Umanen Kecamatan Atambua Barat memberikan apresiasi kepada pos jajarannya yang dengan tulus ikhlas menyumbangkan sekantong darahnya untuk membantu keluarga yang membutuhkan.

Menurutnya, para pendonor darah merupakan pahlawan kemanusiaan karena setetes darah berpeluang menyelamatkan nyawa manusia yang sedang membutuhkan.

Untuk itu, ia mengajak seluruh personelnya dan masyarakat untuk mendonorkan darah karena manfaatnya terhadap pendonor yang luar biasa.

Koordinator unit donor darah PMI Belu Ino Aku mengucapkan terimakasih kepada Dansatgas dan jajaran yang telah berkenan menyumbangkan darah melalui donor darah.

Dijelaskan Ino, PMI Kabupaten Belu melayani tiga rumah sakit dengan kebutuhan belasan kantong darah setiap hari dari masing-masing rumah sakit.

"Permintaan darah di Kabupaten Belu lebih tinggi dari pada darah tersedia karena minimnya pendonor," ujarnya.

Untuk mengatasi kekurangan itu, lanjutnya, pihaknya melakukan koordinasi dan meminta dukungan kepada instansi TNI, pemerintah maupun swasta sehingga dapat memenuhi ketersediaan stok darah di PMI.

Selain itu, PMI Kabupaten Belu kedepan akan menggelar sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat donor darah diantaranya membantu kesehatan jantung, meningkatkan produksi sel darah merah, menurunkan resiko kanker dan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar