Manfaatkan Potensi Alam, TNI Ajarkan Pembuatan Batok Kelapa menjadi Celengan Hias di Kampung Mosso Papua



Mosso - Personil TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 131/Brs Pos Mosso, mengajarkan pemanfaatan batok kelapa menjadi celengan hias yang mempunyai nilai jual kepada warga kampung Mosso Distrik Muara Tami, Jayapura.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Letkol Inf Muhammad Erfani S.H., M.Tr (Han) dalam rilis tertulisnya di Skouw Distrik Muara Tami Jayapura (6/8/2021).

Dikatakan Dansatgas pembuatan celengan hias dari batok kelapa tersebut guna memanfaatkan potensi wilayah di Kampung Mosso yang memiliki banyak pohon kelapa di halaman rumah masing-masing warga dan lingkungan sekitar.

"Batok kelapa yang banyak dan mudah ditemui di sekitar tempat tinggal warga, dengan sentuhan kreatifitas dapat diolah menjadi kerajinan rumah tangga yang memiliki nilai ekonomi yang cukup baik", ungkap Dansatgas.

Sementara itu, Komandan Pos Mosso Letda Inf Eri Hermawan menjelaskan tentang bagaimana anggota Posnya mentransfer ketrampilan yang mereka miliki kepada masyarakat setempat. "Kami mengajarkan bagaimana batok kelapa ini dapat diolah menjadi celengan yang sederhana namun indah dan memiliki nilai seni, sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga yang bermukim di daerah perbatasan, ujarnya.

Petrus (21 Th), salah seorang pemuda yang mengikuti pelatihan tersebut mengungkapkan rasa senangnya dengan pelatihan dari pos Mosso.
"Saya dan teman-teman lainnya sangat senang mengikuti pelatihan ini. Saya kini dapat membuat celengan yang terbuat dari batok kelapa. Dengan keterampilan ini semoga dapat menjadi mata pencaharian baru bagi warga kami", ucap Petrus.

Posting Komentar

0 Komentar