Dandim Bersama Bupati Kukar Resmikan Desa Tanjung Batu Sebagai Desa Mandiri



Kutai Kartanegara – Komandan Kodim 0906/Kutai Kartanegara (Kkr) Letkol Inf. Charles Alling bersama Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah dan Kabaglog Polres Kukar Kompol Budi Santosa meninjau serta meresmikan Desa Mandiri yang berada di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Seberang, Rabu (4/8/2021).

Sebelum peresmian Desa Mandiri rombongan di sambut paparan Visi dan Misi oleh kepala desa Tanjung Batu Husniansyah melalui tema “ sehati sepikir untuk mewujudkan kemandirian desa, bersama kita bisa” yang berisi antara lain meningkatkan kemandirian ketahanan pangan, mensejahterakan taraf hidup masyarakat melalui UMKM dan PKK, memelihara zonasi hijau desa Tanjung Batu, meningkatkan kewaspadaan akan bahaya narkoba serta menciptakan suasana aman dan tertib dalam bermasyarakat.

Setelah kegiatan pemotongan tali pita tanda diresmikannya desa Mandiri, rombongan juga meninjau spot-spot yang ada di desa Mandiri diantaranya  Posko RT Sigap, rumah UMKM, posko anti narkoba, rumah baca, karang taruna, tempat isolasi terpusat, pemanfaatan lahan tidur, pramuka Saka Wira Kartika, sanggar tari jepen, keterampilan PKK, pos kamling, pusban, bela negara, dan dilanjutkan panen cabe bersama serta meninjau workshop pertanian yang ada di desa sinergi hijau.

Menurut Bupati Kukar desa Tanjung Batu berhak mendapat penghargaan secara khusus karena selain menjadi desa Mandiri, desa Tanjung Batu juga merupakan lokasi pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional yang pengelolaannya berkolaborasi antara Kodim 0906/Kkr, Pemkab Kukar dan Pemdes Desa Tanjung Batu, serta dukungan dari dunia usaha yang ada di sekitar kecamatan Tenggarong Seberang.

Dandim 0906/Kkr Letkol Inf. Charles Alling mengatakan dengan di canangkannya desa Tanjung Batu sebagai desa Mandiri, kita ingin mengangkat Desa Tanjung Batu ini bisa terexpose kaitannya dengan potensi yang ada, kemudian hal-hal lain yang bisa kita explore guna mewujudkan Desa Tanjung Batu adalah Desa yang benar-benar Mandiri.

“Jadi intinya apa yang sudah kita lakukan merupakan upaya kita bersama untuk membangun dan berkolaborasi yang baik antara pemerintah daerah, TNI-Polri dan pelaku usaha guna mewujudkan hal-hal yang baik di desa Tanjung Batu. Jadi jangan hanya kegiatan pada saat ini saja tetapi di harapkan keberlanjutan dari kegiatan ini agar menjadi platform kita bersama untuk terus kita wujudkan”, tambah Dandim.

Sumber Dim 0906/Kukar

Posting Komentar

0 Komentar