Latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Pleton Batalyon Infanteri Raider 509 Kostrad



Jakarta. Dalam rangka membina kemampuan dan meningkatkan taktik bertempur, Yonif Raider 509  Kostrad melaksanakan Latihan Uji Siap Tempur (UST) tingkat Peleton di wilayah Panti, Kabupaten Jember. Kamis (29/07/2021).

Danyonif Raider 509  Kostrad Letkol Inf Syafrinaldi, S. E, berharap dimasa pandemi Covid 19 ini seluruh prajurit tetap harus mengasah kemampuan fisik dan taktik bertempur di medan latihan dengan wajib mentaati protokol kesehatan sehingga prajurit mampu melaksanakan setiap materi yang diujikan pada latihan Uji Siap Tempur Setingkat Peleton (UST Peleton) dengan baik dan maksimal guna mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan yang akan dihadapi ke depan yang semakin kompleks dan berat.

Uji Siap Tempur (UST) yang dilaksanakan oleh Satuan Yonif Raider 509 Kostrad ini meliputi Taktik OLI (Operasi Lawan Insurjen) dengan memanfaatkan medan latihan yang ada di Kota Jember Kompleks.

Latihan yang dilaksanakan menitik beratkan kepada tugas dan kemampuan satuan peleton. Bagaimana para Danton memimpin sebuah operasi, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan sampai dengan tahap akhir. 

Cara pengambilan keputusan dan pemahaman dalam mengaplikasikan teori di medan yang sebenarnya sangat ditekankan pada latihan ini. Harapannya kemampuan daya gerak, daya tempur pasukan dapat dimaksimalkan secara cepat dan optimal. 

“Setiap prajurit sudah dibekali kemampuan dan pengetahuan perorangan, tinggal bagaimana unsur pimpinan mulai dari Danru dan Danton dapat memaksimalkan kemampuannya dalam memimpin dan mengendalikan pasukan dalam situasi di medan yang sebenarnya. Laksanakan UST Peleton dengan sungguh- sungguh agar dapat menjadi tolak ukur kemampuan fisik dan pengetahuan serta kesiapan setiap prajurit serta menjadi evaluasi untuk perbaikan kedepananya,“ tegas Letkol Inf Syafrinaldi, S.E. (Penkostrad). 

Autentikasi
Kapen Kostrad, Kolonel Inf Haryantana, S.H.

Posting Komentar

0 Komentar